Selasa, 05 Januari 2016

Mengenal Bentuk Geometris

Oleh: Bani Sara Fatimah

Apakah bermain mengenal bentuk geometris?

Bermain mengenal bentuk geometris yang kami maksud adalah bermain dengan melibatkan stimulus bentuk, bangunan, rancang bangun, dan aspek-aspek terkait di dalamnya (seperti mengenal ukuran, panjang, tinggi, lebar, luas, volume, dlsb) dapat juga ditambah dengan stimulus lain seperti warna, jumlah, perbandingan, dlsb.


Apa Tujuannya?

1. Bermain dengan bentuk bentuk geometris pada anak usia dini, tujuannya adalah untuk menstimulasi kemampuan kognitif.

Kemampuan kognitif:
kemampuan dimana anak bisa berpikir logis
mengenai informasi dan ide yang realisitis
serta menyangkut kecerdasan seseorang dalam memecahkan masalah.

Semakin berkembang kemampuan kognitifnya, pemahaman anak mengenai objek, orang, serta peristiwa di lingkungannya akan semakin berkembang secara akurat.

2. Mengenal bentuk geometris merupakan salah satu kemampuan dasar dalam perkembangan kognitif seorang anak yaitu kecerdasan logis matematis.

Kecerdasan matematis logis pada anak:
penalaran ilmiah,
perhitungan secara matematis,
berpikir logis,
penalaran induktif/deduktif,
dan ketajaman pola-pola abstrak serta hubungan-hubungan.

Kecerdasan matematis logis ini dapat berarti sebagai kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kebutuhan matematika.

3. Menurut Piaget (salah satu tokoh Psikologi), mengenal bentuk geometri dalam membantu anak dalam berpikir simbolis

Mengenal bentuk dapat mulai berkembang pada tahap preoperasional konkret, yaitu usia 2-7th.
Salah satu ciri dari tahap ini adalah seorang anak dapat berpikir simbolis.

Berpikir simbolis merupakan kemampuan untuk berpikir tentang objek dan peristiwa walaupun objek dan peristiwa tersebut tidak tampak dalam kehidupan anak (abstrak).
---------------

Sebenarnya, mengenalkan bentuk geometris dapat dikenalkan sebelum anak berusia 2 tahun yaitu melalui permainan menggolongkan bentuk/ shorting shape.

Penggolongan merupakan salah satu proses penting untuk mengembangkan konsep bilangan, supaya anak mampu menggolongkan atau memilih benda-benda, mereka harus mengembangkan pengertian tentang “saling memiliki kesamaan”, “keserupaan”, “kesamaan”, dan “perbedaan”.

Nah, membangun konsep geometri pada anak dimulai dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk, menyelidiki bangunan dan memisahkan gambar-gambar biasa, seperti segi empat, lingkaran, segitiga. Belajar konsep letak, seperti di bawah, di atas, kanan, kiri juga merupakan dasar awal memahami geometri.

Berikut saya uraikan tahapan mengenal bentuk geometri:
Mengetahui bentuk geometri, mengucapkan/ memberi nama bentuk geometri

Memahami bentuk geometri, memberi contoh benda yang sama dengan bentuk geometri. Misalnya atap rumah, segitiga. Buku, persegi, piring, lingkaran, dll.

Menggambar bentuk geometri

Menyusun beberapa bentuk geometri menjadi suatu benda

Bercerita mengenai benda yang dibuatnya dari susunan bentuk geometri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar