Selasa, 05 Januari 2016

Diskusi 1: Bermain Terjadwal atau Tidak?

  • Bunda W: sebenarnya usia batita sampai balita deh..permainan yang baik itu terjadwal atau mengalir gitu ajah,misal pake buku montessori atau buku slow and steady buat panduan meski tidak dijadikan acuan baku dalam pencapaian tiap usianya? misal hari ini kita mau main ini ya Nak, kita siapin dulu alat dll nya..atau karena ibunya sibuk ngerjain peer jadinya anak di biarkan bermain sesukanya, mencet2 galon sampai airnya abis,dll..nanti setelah habis dan anak ingin minum,baru si anak di kasih penjelasan..misal : tadi siapa yg mainan air galon,nah sekarang udah abis kan,kalau mau minum bagaimana..?berarti ga boleh buang2 air yah Nak,dll. ini contoh kalimat asal langsung ketik..atau di gabungkan?yg terjadwal dan mengalir?



  • Admin R: Kalau ditanya mana yg baik tentunya yg terjadwal, mba.. Maksudnya bukan harus saklek mengikuti jadwal yg dibuat. Tapi jadwal sbg pembiasaan atau sbg arahan kita. Karna seperti yg telah dijelaskan pada materi diatas.Bermain bagi anak bukanlah sekedar bermain. Akan tetapi memiliki banyak makna. Tentunya jika permainan yg dijalankan dg sebuah arahan, pijakan dan aturan tentunya.Tapii bukan harus selalu diarahkan juga.. Anak2 juga perlu bermain bebas. Tujuanya untuk mengembangkan keterampilan membuat pilihan, menentukan aktivitas yg membuatnya tertarik, memunculkan idenya sendiri..Silih berganti saja.. Karna kita dan anak2 kita kan manusia yg dinamis, kejadian2 diluar perkiraan Jadi ya jalani saja apa adanya..Kalo masalah buang2 air dispenser, berikan aturan saja Mba.. Itu air untuk minum yaa..Kalau adik mau main, boleh nanti ada waktunya. Ada tempatnya


  • Admin N: Lebih baik yg terjadwal.. Walaupun semisalnya tdk berjalan dg baik, setidaknya ibu punya pegangan, seperti tujuan apa yg ingin dicapai. Dan hasilnya bisa dijadikan evaluasi untuk ke depannya

  • Bunda W: siip...iya ummahat...terima kasih jawaban dan penjelasannya,berarti perlu di buat semacam kurikulum atau rencana kegiatan mingguan dll yah?

  • Admin R: Sebisa mungkin kita ciptakan lingkungan yg ramah anak, misal tadi, dispenser diletakkan lebih tinggi.Kalo tidak bisa, ya kita beri aturan/batasanAnak2 memang sedang masa2nya ingin tau. Coba2.Jadi kalo aturan dilanggar..Yaa ingatkan lagi.. Langgar lagi, ingatkan lagi. Teruuuus sampai dia paham. Oooh ini aturanya...

  • Bunda A: Bisa ksh contoh jdwlny g bun�� jujur slama ini g pernah pk jadwal..sy kerja dr jam 6-16 .. Sesudah sholat subuh masak..nah pas masak Bunay " Bantu" entah iris2 sayur,mainan beras ato ulek sesuatu..soreny biasany main tanah,Lego mewarnai ato baca buku crita ataupun nonton


  • Bunda R: Mba A kl saya, pakai panduan kecakapan anak sesuai usia. Misal usia segini "harusnya" sudah bisa ini itu. Trus ntar kegiatannya kita kreasikan sendiri. Saya GA kreatif bikin2 jd msh dibantu mainan beli.Dan masih banyakan malesnya drpd rajinnya jd kadang ga sesuai jadwal hehe. Smg adanya grup ini bs jd pelecut semangat

  • Bunda A: O gitu y..kl untuk motorik kasar,halus,bahasa alhamdulillah baik.kdg sy bingung untuk menciptakan permainan kreatif

  • Bunda R: Sama mba ami. Kl kata ibu2 kekinian : googling aja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar