Selasa, 05 Januari 2016

Diskusi 2: Anak Tidak Mau Berbagi Mainan

  • Bunda W: Anak ngga mau minjemin mainan, gimana ya?


  • Bunda Y : Sekedar share, pengalaman pribaadi, kalau anak belum mau minjemkan mainan, saya tdk memaksa untuk meminjamkan, sy cuma bantu memberi tahu: maaf ya, Hanafi/Hanif masih pengen mainan, nanti kalo sudah boleh baru dipinjemin yaa,tapi pas di rumah, diksh tau ttg pahala berbagi dan cerita yang menyinggung qorun, kalau misal yg mau minjem mau tukeran mainan biasanya sy tawarkan ke anak2.. Sekedar share yaaa�� mdh2an bs dikoreksi kalau cara sy salah,alhamdulillaah jd bisa memperbaiki

  • Bunda Y: Sama sekalian nanya, gmn mensikapi anak2 yang tidak tbiasa meminta izin ketika akan meminjam barang/mainan milik kawannya, trus kalo ga dipinjemin dia merebut(mengambil dengan paksa)...?


  • Admin R: Kalo mba sendiri bgm menghadapinya?

  • Bunda We: Kalau saya pas dulu di tpa, biasanya kasih limit waktu... Nanti dalam hitungan tertentu, mainannya harus dipinjamkan ke temen lain... Kalau tetep ga mau.. (biasanya ud ga kondusif lagi karena yang satunya ud nangis) saya akan tegas aja.. "kalau tidak mau berbagi, terpaksa mainannya ibu ambil... " sambil kasih tau kalau bermain harus bersama sama... Kalau tidak mau main sama sama, lebih baik mainannya disimpan saja.

  • Bunda Wa: tentang pertanyaan anak yang masih suka merebut atau cendrung susah berbagi, kayaknya lagi fase wa' 3,5tahun nih.. awalnya aku mencoba terus untuk memahamkan wa keHARUSan untuk BERBAGI.. dan keHARUSan BERSABAR saat anak tidak dibagi mainan oleh temannya.. aku merasa aku tidak adil pada anakku.. disatu sisi wa diajarkan untuk mau meminjamkan mainannya, sementara temannya yang tidak mau berbagi mainan ke wa, wa nya harus sabar,,,betapa harga dirinya sangat terluka pastinya.. aku mencoba memposisikan diri diposisi anakku..jadi kemudian aku mengubah cara pandangku sendiri.. disaat wa punya mainan baru yang dia lagi suka2nya dengan mainan itu aku memberikannya waktu untuk memainkannya sepuas hatinya.. jika adiknya afrin merebut, aku akan memberi pengertian ke af 10bulan bahwa kakaknya lagi main yang itu dan memberikan mainan lain ke af.. dan memberi pengarahan ke wa untuk memberikan mainan lain milik wa yang dia ikhlashkan untuk dipinjamkan ke adiknya.. begitu juga kepada temannya yang lain.. aku hanya bertanya "temannya boleh pinjam?" jika di jawab "ga boleh, ini punya wa'" trus aku tanya lagi "boleh main sama2?" jika masih dijawab "ga boleh, wa lagi main" aku takkan mengatakan "ga boleh pelit,,, anak sholehah ga boleh pelit...dsb" namun aku akan berkata kepada temannya bahwa wa lagi main yang itu, dan menawarkan ke wa untuk meminjamkan mainan yang lain.. "trus temennya/adeknya boleh minjem yang mana? tolong ambilin yah sayang" dan wa pun akan mengambilkan mainan lain..begitu juga jika ada mainan temennya yang tidak boleh dipinjem wafa' aku akan memberi pengertian bahwa itu bukan milik wafa', itu punya temen.. jika temennya lagi pake ga boleh rebut atau maksa..
    hari ini aku ngajak wafa' nengokin wafa' ke tetangga yang punya anak seumuran,, disana wafa' diperbolehkan meminjam boneka kecil dan duduk dikursi sianak,, tapi karna udah pewe >.< jadi ngerasa itu miliknya.. "punya wa.. punya wa sianak mulai nangis dan aku fahamkan " boneka itu tadi diambil dimana? dilemari bonekanya temennya kan?, jadi bukan punya wa bukan.. sekarang temennya mau pake, wa kasih yah".. awalnya nangis.. tapi kemudian melepaskan karna tau bukan miliknya... jadi dengan demikian anak tau mana yang menjadi miliknya dan milik oranglain.. sembari tetap diberikan pengertian untuk bisa berbagi 

  • Bunda Wi: ini cerita sa yg hari ini genap 2 tahun,anaknya belum mau main sama temen kalau pas sendiri,tapi kalau ada kakaknya atau umminya minta di temenin,yg di lirik bukan main sama temen2 yg usia lebih besar sedikit di atasnya,tapu mainan yg baru di lihatnya..misal dia liat temennya punya sepeda yg beda dg sepedanya,dia pengin main juga..terus pas di rumah misal hp yg buat mainan bersama, kalau lagi kepengin main ya terus di ambil,kakaknya baru main,padahal udah di kasih tau mainan bareng,atau gantian,tapi memang sasanya yg belum paham benar jadi sering memaklumi saja,tapi apakah berpengaruh yah,atau nanti kalau udah nambah usia udah paham hak milik bisa di terapkan..?padahal kalau pas ada yg main ke rumah,anak tetangga..mainan di keluarin,sa nya kadang diem aja (gak berani) pas temennya minjem secara paksa mainan sa..sampai sa ga mainan karena mainan di ambil temennya..gimana solusinya?


  • Bunda R: Hak milik ini kadang msh blm bs menentukan sikap mana yg terbaik. Ga cuma sama teman tapi sama sodara sendiri.So far untuk hal berbagi si sulung cenderung akan dengan senang hati berbagi hal2 yg menurut dia memang bisa dibagi, misal mainannya banyak, makanannya berlebih. Tp untuk benda2 yg dia suka dan jumlahnya cuma satu cenderung tdk mau berbagi tp tdk mutlak krn kadang bbrp saat setelah dia "bosen" dia pinjamin jg.Tp ada masalah dlm hal meminta dan meminjam. Si sulung tergolong anak yg kekeuh kl mau sesuatu. Apalagi saat tantrum. Bener2 perjuangan kuat mana antara anak sama ibu atau ayahnya. Dan mostly ibunya kalah, emosi membuncah T.TNah contoh kalimat yg sering dia ucapkan saat tdk diijinkan meminjam atau meminta : "tapi aku mau bagaimana dong"Dr kalimat itu kadangkala ia bernegosiasi untuk bs dapat yg ia mau atau meminta subtitusi dr permintaannyaDan ya memang anak ga tau jika kita tdk jelaskan dan tdk kita beri batasan. Kadangkala rasa lidah kelu krn hrs menjelaskan alasan dan konsekuensi. Tp ibu hrs lebih sabaaaarrrrrrr. Dia cuma bocah 3thn 11bln. Masa2 ego sentrisnya masih lama. Dan dr artikel mba nita kmrn aku merasa sangat tertambar di poin oral habit

    SEdangkan si bungsu udah mulai kenal ego. Makanya rebutan mainan udah makanan sehari2 ibu. Sejauh ini menerapkan siapa yg lbh dulu pegang mainan. Si bungsu yg mgkn blm ngerti apa ucapan kita kupaksa dengerin ocehan ibu : maaf ya dek ini kakak duluan yang mainin atau maaf ya dek ini punya kakak. Sambil menekankan ke kakak nanti berbagi ya sama adek. Sayang adek ya. Jagain adek.Ga bbrp lama kakak akan memberi apa yg adeknya minta. Yah setelah tangis dan rengekan membahana.Cuma untuk ke temen main A yg kadang ada kendala.. Krn model komunikasinya
    beda 


    Dan biasanya sharing antar sodara terjadi saat : kakak mau A, adek minta, tapi kakak duluan. Ibu ambil B untuk adek. Dah posisi mereka egaliter. Akhirnya tukeran mainan.Ntar berantem lagi saat kok kakak dapet adek engga. Kok adek dipangku kakak enggak.


  • Bunda S: Kalau anakku beda lagi..entah udah sejak setahunan tak perhatikan dia tipikal anak ngalah...padahal anaknya aktif banged..Tidak pernah merebut mainan teman..kalau pas bermain sama temennya dia pegang mainan temennya terus direbut sama pemiliknya sy kasih tahu bukan miliknya langsung dikasihkan..kalau mainane sendiri dipinjem temen langsung dikasihkan..Pernah dipukul temennya dia juga diem..tidak nangis..cuman terkesan melongo...ntr lama2 dia meluk aku.rada khawatir kalau suatu saat nanti kena bully temennya tetep diam saja

  • Bunda Rousta: Oiya porsi bermain terarah itu dlm sehari brp jam ya? Idealnya gt. Soalnya kl bikin 4 permainan aja buat aidah dia selesaikan dlm waktu kurang dr se jam. Lepas itu dia bosen. Kadang sutris sendiri merasa ga bs akomodasi anak2. Pdhl hrs masak, dagang jg, dan pengen boci. #curcol


  • Admin V:  BismillaahBunda We jazakillaah khoir sharingnya, bagus sekali, Memang, intinya memang menggunakan cara yang konsisten dan sesuai dengan 'peraturan' dan kebiasaan yang ingin ditanamkan..Jadi untuk konteks di tempat Bunda 'mengajar' in syaa Allah cocok sekali.Nah, untuk penerapan bagaimana cara kita mengajarkan anak berbagi di rumah bagi teman2 yang lain, silakan diadaptasi sesuai dengan perilaku, kebiasaan, yang ingin ditanamkan ke anak.. Kalau ingin anak pasrah harusnya gimanaKalau ingin anak mempertahankan diri harusnya bagaimanaKalau ingin anak agresif harusnya bagaimana..Barokalloohu fiikum

    Bunda Y, Alhamdulillaah udah sangat oke kok, Ke depannya pelan2 seiring pertambahan usia H, boleh terus diajarkan bagaimana berbicara sendiri ke teman2 nya.. Jadi tidak harus Bunda yang bicara ke teman2nya minta maaf mengatakan H masih mau main dllAjarkan sambil role play sayaPelan2, tidak perlu dipaksaYang penting H mendapatkan pengetahuan atau setidaknya ide untuk bagaimana menghadapi teman2 nya tanpa harus selaludibantu umminya.. Jazakillaah khoir juga sharingnya...

    Bunda W sayang,Usia 2 tahun, anak cenderung masih menjadi observator yang baik, Untuk berhubungan sosial, belum begitu 'ngeh'Dan fokusnya memang lebih ke mainan2 yg menarikKalo sama keluarga sendiri, udah ngga perlu mengamati lagi, udah super nyaman, maib ambil aja dah hp orang rumah atau benda2 lain seenaknyaKalo sama teman atau orang lain???Yup.. Masih mengamati..!

    Masih mengamati, mempelajari pola2 tingkah laku orang2 sekitarnyaDan kira2 harusnya gimana, belum tauDan Sebagai pengamat yang baik dan peniru ulung,pastinya akan belajar dari apa yang dia dapat di lingkungan bagaimana merespon mereka..Misalnya, merespon sesuai dengan apa yang orang tua ajarkan.. ngalah mulu kah atau ambil paksa lagi aja, atau bersabar dengan menggunakan 'aturan' dlsbSelain itu tanpa perlu diajarkan, anak juga bisa saja meniru apa yang ia lihat di lingkungan/ bisa juga dg melihat perilaku anak atau orang lain.. Kalau contoh yang sering dilihatnya langsung ambil, rebut aja, berantem2 deh, anak juga mempelajari itu..  Semoga bisa cukup dipahami ya, Bunda... Jazakillah khoir untuk partisipasi aktifnya

    Nah untuk Bunda S  in syaa Allah okeIn syaa Allah ga bakal jadi korban bullying, aamiinCoba Tanyakan sajaSebenrnya pengen mainannya ngga?Sedih ngga mainannya direbut?Kalo tyata oke2 aja, ngga masalah mainannya direbut, ya sudah alhamdulillaah, mungkin sedikit2 belajar memahami orang lainAtau bisa jadi belum begitu engeh jugaKalau tyata sedih baru diajarkan boleh kok kalo pengen pake mainanmu, bilang tidak, aku mau main... Sambil praktekkin caranya (role play)Kalau terlibat adu mulut atau badan, minta temannya pulang atau dirinya pulang... Kalau teman pukul, jangan balas pukul, bersabar dulu, yang penting langsung ambil saja mainannya (rebut saja, itu miliknya) lalu tinggalkanAtau kalau ngga bisa rebut, katakan itu milikku, nantinya kamu harus kembalikan.. Tidak perlu menangis.. Lalu tinggalkan saja.. Kalau perlu bantuan bundanya, boleh sekali Bunda membantu sesekaliAjarkan terus berhari2 sampai anak paham.. Mungkin bisa berbulan2 baru pahamNanti usia 7 tahun ajarkan bela diri untuk melindungi dirinyaWallohu a'lam

    Bunda R, Coba deh perhatikan,Sampai usia 4-5 tahun, anak2 ketika main memang anak maunya ditemani ngga sih?Setelah menemukan teman2 yang membuatnya nyaman atau mulai sadar bermain kerja sama seperti teori yang disampaikan Mba Nita kemarin, baru anak akan mulai beradaptasi dengan temen2nyaTrs antara 5-8 tahun udah 'kabur' kayak 'ga butuh' emaknya lagi.. Yah apalagi pas udah pubertas, remaja, dst dst nya ya.. 3 tahun 11 bulan, bisa dikasih kegiatan.. Kalo anaknya lumayan fokus sekitar 15-20 menit kayaknya oke ditinggal2 Yang penting kasih kegiatan yang bermakna dan disukai anakBeri pengertian bunda mau kesini dulu yaAyo sini kalo mau deket2Tapi maaaaaf, bundanya belum bisa nemenin main dulu ya.. Bunda butuuuuh sekali untuk.........Kecuali kalo mau kasih gadget, 1-2 jam atau lebih bakalan betah2 aja kayaknya

    Yah, kalo ngomongin teori atau idealnya,Emang anak segitu memang cenderung bosenanEmak nya harus super sabarKreatif Dan bertenagaDan punya byk wkt buat anakTapi, kebanyakkkan dari kita, termasuk saya juga kayaknya tidak bisa se la lu seperti ituOleh karena itu, kuasai diriPahamkanYang mana yang paling penting, Penting dan mendesakPenting tidak mendesakKalau semuanya penting dan mendesak? Atur waktuAjarkan anak'Kalimat favorit saya' :Semua ada waktunyaSemua ada caranya.  Ajak anak untuk ikutan dalam kegiatan kita juga in syaa Allah okeJadi ngga harus apa2 nunggu anak tidur dulu Kayaknya susah Yang adaOrtu bakalan senewen . Tapi kalau jadwal tidur anak sudah terjadwal dan fisik ibu juga oke, in syaa Allah ngga masalahFleksibel ajaTiap anak adalah unik,Tiap ibu juga unik.

    Kebanyaakn ibu2 kalau salah biasanya akan cenderung menyalahkan diri dlsb bukan mencari solusiPadahal biasanya manusia seharusnya tidak melakukan kesalahan/respon tidak tepat ketika menghadapi masalah dengan penyebab yang sama lebih dari 10 kaliKarena manusia in syaa Allah bisa belajarJadi kalau jatuh sekali dua kali tiga kali, lima kali, gapapa.. Tapi pastikan di setiap jatuh setidaknya ada perbaikan kecil yang sudah kita lakukanWallohu a'lam


  • Bunda Se: Assalamu'alaykum. Sedikit berbagi ya Bunda sekalian. Kalau saya pernah baca di sebuah artikel utk mengajarkan anak berbagi dari hati. Bahwa berbagi adalah sst yang menyenangkan, krn kita akan membuat org lain bahagia. Mungkin juga bisa ditanamkan berbagi sebagai bentuk ibadah. Pijakan itu yang saya berusaha tanamkan ke anak. Caranya ia harus bisa rela saat berbagi, tanpa paksaan. Jadi jika anak belum rela tidak perlu dipaksa. Katakan padanya (misal): kakak, temennya mau pinjam boleh? Oh kalo blm boleh gpp. Nanti kalo kakak siap berbagi, temannya dikasih ya. Sembari anak main sampaikan padanya: kalo kakak kasih, temennya nanti seneng deh. Biar kakak semoga disayang Allah ya..Saat main ke rumah teman kita buat perjanjian (saat akan berangkat): kaka disana mainnya harus berbagi ya, Krn itu mainan temennya. Jadi kakak ngalah aja (hehe boleh gak ngomong gini?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar