Selasa, 05 Januari 2016

Bermain Kotor: Kaitannya dengan SensoriMotorik

 Diskusi 4: Bermain Kotor
 18 November 2015

Bunda RS: Kalau anak itu harus bermain kotor kotoran apa ga y ??? Dapet ilmu dr tmn masa anaknya tidak pernah kotor kotoran. Akibatnya kenapa ya kl tidak kotor kotoran dan bermain kotor kotoran ?


Bunda JSR: Anaknya jd jijikan ga misal suatu kali diminta pegang sesuatu yg kotor, Mba? Main kotor2an bisa bermanfaat untuk sensorymotorik anak kok

Bunda RS: Oooo.. Dia bilang anak anaknya tidak pernah di ajarin main kotor kotoran. Tembok di rumah bersih. No main di luar rumah. Kl main hanya 2 _ 3 jam. Tidak kotor.

Bunda JSR: Sah2 aja kok tembok rumah pengen selalu bersih.

Bunda RS: Terus gmn y tuh kl sensorik motor tdk terasah. Apa dampaknya ?

Bunda JSR: Kalau anaknya mau coret2 dinding ortu bisa siapin spot khusus, di rumah bagian belakang misalnya. Biar tak terlihat tamu..

Bunda A: Sensorikmotor nya mgkn dr hal2 yg bersih2 aja

Bunda JSR: Dia bil anak anaknya tidak pernah di ajarin main kotor kotoran. emang main kotor2an yang dimaksud apa Mom? Kalo main comberan mah anakku juga ga kukasih😅

Bunda RS: Mengacat tembok. Ujan ujanan. Tanah. Pasir. Mainan yang membuat baju jadi kotor.

Bunda JSR: Tapi kalau main hujan, pasir, main air, oobleck, slime, playdough, cat air, main arang, dll kukasih. Kalo kata Iklan detergen "ga ada noda yaaa ga belajar". Sayang bgt kalo kaya gitu. Baju bisa dicuci, kreativitas anak tak bisa diulang😉

Bunda SP: Kadang ada yg anak/cucunya ambil batu di jalan ga boleh. Pdhl anak mau eksplorasi batu ya hehe. Asal jangan dimasukin mulut aja.

Bunda JSR: Banyak paud yg ada sentra alamnya. Biasanya di sentra tsb akan main kotor2an. Tapi setelah itu bersih2. Serta mandi, minimal cuci tangan yg bersih setelah main ituuu👍🏼

Bunda YUH: “Kadang yg anak/cucunya ambil batu di jalan ga boleh.” Ini anakku banget, apa aja diambil,liat batu, kayu,ranting,dan dibawa pulang

Bunda LWA: anakku banget juga ituuu. Kalau sensori motor tidak terasah --> tulisannya berantakan, ngerjain sesuatu yg kecil2 kayak jait, menempel sesuatu, menggambar sesuatu ga detail, ga halus gambarnya.. cendrung kaku gt..

Bunda SKP: Kluarga besar suami aka mertua juga gtu. Gaaa boleh kotor sm skli. Megang batu aj suruh buang. Apa grandparents rata2 bgtu y?

Bunda SP: kurang tau mba. Tp grandparents di komplekku rata2 gitu hehe.

Bunda AUA: Ortu sama mertuaku enggak

Bunda LWA: sama... para grand kayaknya gitu yah.. tapi lebih ke bikin suntuk aja.. menuh2in rumah.. dianggap benda ga berguna.. batu kayu kok diambil.. 😄

Bunda AM: Ibuku engga. Mamerku kadang2. Batu seliweran disini bahkan di dalem rumah. Kemaren mainan cacing, asal ga ketauan sih aman.

Bunda RS: Ibu kadang kadang tp kl dah kotor sekalian dah, kl mama suami harus bersih no kotor. Kl kotor melotot

Bunda AUA: kalo ibu mertua rahimahullah, mungkin memang krn tipe yg woles 😁 nggak banyak tuntutan, nggak banyak "ikut campur" dlm keluarga kecil anak2nya, bisa dibilang nggak ada aturan tertentu ttg anak2 kalo sama ibu mertua mah..... hepi2 aja gitu. Klo banyak tmen yg ngerasain aturan ketat bahkan sejak anaknya lahir, nah aku tu enggak. Jd bu mertua nyerahin sepenuhnya gitu terserah aku cara besarin anak gmn. Kalo ortuku, mungkin krn berdua guru ya. Trus jg bapak tu bisa dibilang crafter/seniman. Suka melukis, yg pasti rumah so messy. Suka akik 😛 jd dari kecil dulu anak2nya malah pada diajakin "nyari batu" xixixi.... Suka bonsai tanaman, gitu2 lah pokoknya. Kakakku jg ada yg suka mahat kayu (kayunya bukan beli tp hasil mungut2 gitu jg ^^)

Admin R: Iya. Kalo bahas yg kotor2 saya juga orangnya jijikan. Main kotor2an kadang jadi sumber setres sendiri xoxoxo.. Maunya kotor2an tapi terkontrol^^.. Sesuai dg aturan dan persiapan yg saya buat.. Cumannya anak2, ga bisa sesuai harapan kita.. Tiba2 ke air! Tiba2 ke tanah, ke batu, ke kotoran, ke sapu, ke alat pel, ke rendaman ompol, ke barang yg berkarat,, cacing, daun2 berdebu dan berbulu.... X.X
Kalo ngga anaknya yg terbatasi eksplorasinya ya sayanya yg sutris xixi.. Peer banget deh.. megang doang sih mending.. Kalo masukin mulut 😖
Sebenernya, main 'kotor2an' itu sangat terkait dg perkembangan kognitif anak.. Kalo menurut teori perkembangan kognitif by piaget.  Anak2 pada masa awal kehidupannya belajar dari semua panca indra.. (sensori) dan gerakan anggota tubuh (motorik). Makanya dibilangnya tahap sensorimotor (0-2th)

Admin V: Mba Ardy dan semuanya, ini mungkin artikel sederhana, tapi bagus
http://m.kompas.com/health/read/2015/11/08/140300023/.Yang.Terjadi.Pada
Yup, kalo ngomongin Teori Piaget, teorinya termasuk bagian dalam teori konstruktivis (teori yang berpandangan bahwa selalu ada interaksi lingkungan dengan anak dalam mengkonstruk/membangun kognitif anak). Jadi pada tahap sensorimotor, perkembangan kognitif anak dibangun berdasarkan adanya interaksi antara lingkungan dengan anak melalui indra maupun fisik anak. Untuk paham lingkungan sekitar, anak 0-2 tahun menggunakan indra+fisiknya (gerak). Indra dan fisik/gerak dalam aksinya tidak berjalan sendiri-sendiri namun keduanya SALING berkoordinasi.

Admin R: Indra dan gerakan tsb berkoordinasi dg otak, hal tsb dinamakan psikomotor

Bunda ID: Sensorimotor --> Sensori: Melibatkan 5 indra yaitu, Pendengaran, Sentuhan, Pengecap, Penglihatan, Penciuman
Motor: Melalui gerakan atau aktifitas fisik

Bunda JSR: Tambahan: 2 indra lagi yaitu Indra vestibular dan indra proprioseptif

Admin V: Indra dalam bekerja pasti lewat otak.. Alat gerak juga..
Kan sistemnya --> Rangsang -reseptor (sel syaraf penerima di indera)-sel saraf sensorik (syaraf pembawa rangsangan ke otak)- otak-sel saraf pembawa rangsang dari otak/motorik-efektor (pengkonek syaraf ke sel2 syaraf lain (otot, kelenjar, dll)- baru deh tanggapan/aksi
Nah buat anak batita, ini yang musti dilatih agar kordinasinya bagus

Admin R: Yup yg mengkoordinasikan otak. Oleh karna itu dengan semakin banyak pengalaman sensori motor itulah maka jalinan syaraf di otak semakin banyak dan berkembang

Admin V:Iya.. Itu sensori motor.. Kalau psikomotor beda lagi 😁

Admin R: Ohia kalo gitu psikomotor apalagi dong sekalian 😁

Admin V: Akakaa psikomotor bahasan beda lagi. Ini lebih ke proses belajar. Proses belajar harusnya melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor
Psikomotor: aspek yang berkaitan dengan skill (keterampilan) dan kemampuan bertindak/berperilaku yang jg merupakan hasil dari pengalaman2 sebelumnya. Harusnya, ketika belajar, anak diajari kognitif dulu (dari hafalan sampe paham dst.. Mpe evaluasi), juga melibatkan afektif (dari memperhatikan, menilai, dst), trus lanjut deh ke psikomotornya (bagaimana ia bisa berlari, melukis, nulis, lempar dll). Biasanya kebanyakan guru/ortu, kalo ngajarin, cuma kognitif dan psikomotor doang.. Aspek afektifnya kurang digali..  (Hihihi bahasannya jadi kemana2 dah)
Sebenarnya secara umum, Sensorimotor berjalan normal jika
1. Indera secara anatomi tidak ada kelainan
2. Bagian untuk penerima rangsang bekerja dengan baik (reseptor)
3. Saraf-saraf yang membawa rangsang dari dan ke otak bekerja dengan baik (syaraf motorik)
4. Pusat pengolahan rangsang di otak bekerja dengan baik.
5. Efektornya menyampaikan rangsang dg baik ke otot, kelenjar, anggota tubuh
6. Trus Ngga ada gangguan di otot, kelenjar dll itu

Admin R: Mungkin perlu dijelaskan indera propioceptive dan vestibular itu apa

Admin V: Propioceptive: lebih ke otot/sendi2.. Vestibular: keseimbangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar